Fisika dan Cinta

Fisika adalah suatu ilmu pengetahuan yang dikatakan sebagai Basic of Science. Hal tersebut mungkin terjadi karena hampir seluruh ilmu science dasarnya adalah ilmu Fisika.

Banyak orang menganggap bahwa Fisika merupakan ilmu yang sulit untuk dipelajari. Para pelajar banyak yang menganggap Fisika sebagai momok. Mereka benar-benar merasa kesulitan. Terkadang para pelajar itu merasa putus asa karena tidak mampu mengerjakan soal-soal Fisika yang diberikan oleh guru mereka.


Sebenarnya Fisika bukanlah suatu ilmu yang sulit. Pada dasarnya semua ilmu itu tidak ada yang sulit asalkan kita mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Sebagai buktinya adalah keberhasilan para ilmuwan Fisika yang telah berhasil dengan berbagai macam karya mereka. Mereka awalnya juga tidak tahu dan tidak bisa, namun mereka mau belajar dengan tekun sehingga akhirnya mereka berhasil.

Jika kita merasa sulit memahami, menelaah, dan mengingat tentang materi-materi dan berbagai hal yang berhubungan dengan Fisika, maka solusinya adalah sebagai berikut :

1. Jadikan Fisika sebagai lauk makan
Artinya rasakanlah Fisika itu sebagaimana nikmatnya kita merasakan lauk yang konsumsi. Dengan begitu kita pasti akan merasa senang.

2. Jadikan Fisika sebagai santapan sehari-hari
Artinya konsumsilah Fisika setiap hari, seperti kita mengkonsumsi makanan. Dengan begitu kita akan merasa akrab dengan Fisika.

3. Jadikan Fisika sebagai peta
Artinya jadikanlah Fisika sebagai petunjuk jika tersesat sampai akhirnya kita bisa menemukan jalan yang benar.

4. Jadikan Fisika sebagai jam weker
Artinya dalam Fisika buatlah trik-trik yang bisa digunakan untuk mengingat.

Jika empat hal tersebut dapat kita terapkan dengan sungguh-sungguh, maka insyaallah kita tidak akan merasa kesulitan. Malah kita akan merasa senang dan cinta kepada Fisika. Seperti yang dikatakan orang “JIKA KITA MENCINTAI SUATU HAL, MAKA KITA PASTI INGIN TERUS BERSAMA HAL TERSEBUT“. Seperti jika kita mencintai seseorang maka kita pasti ingin selalu bersama dia.

Jika kita mau menjadikan Fisika sebagai kekasih kita yang kita harapkan, dapat mencintai dan kita cintai dengan tulus, itu malah lebih bagus lagi. Dengan begitu kita akan selalu berusaha terus bersamanya.

Hal-hal tersebut untuk sebagian orang mungkin sulit dilakukan, apalagi untuk orang-orang yang benar-benar anti dengan Fisika. Namun untuk sebagian orang lagi hal tersebut sangat mudah dilakukan. Orang-orang seperti ini adalah orang yang benar-benar sudah merasakan bagaimana nikmatnya Fisika.

Fisika yang disebut sebagai basic of science memang tidak dapat dipisahkan dengan ilmu science yang lain. Sebagai contoh Fisika dengan Matematika, mereka sangat berkaitan erat, bahkan tidak dapat dipisahkan. Contoh yang sederhana saja misalnya lambang-lambang yang sering dipakai dalam Matematika juga dipakai dalam Fisika, dan itu hampir seluruhnya. Contoh lambang-lambang tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel : Lambang-lambang yang dipakai dalam Fisika dan Matematika
Lambang-lambang tersebut hanya sebagai contoh saja. Masih banyak lambang-lambang lain yang tidak dapat dituliskan seluruhnya.

Demikianlah sedikit tentang Fisika. Semoga dapat memberikan manfaat untuk penulis sendiri khususnya dan untuk para pembaca pada umumnya.

"Lihatlah orang-orang yang berprestasi agar kita termotivasi demi meraih cita-cita sejati"

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.